Selasa, 01 Februari 2011

Pengertian Agama dan Masyarakat

Agama yang berasal dari kata Sansakerta agama yaitu "tradisi" , artinya bereligius . Sedangkan menurut kamus bahasa Indonesia , Agama merupakan sistem atau prinsip kepercayaan kepada Tuhan .

Dan secara Terminologi dalam ensiklopedi Nasional Indonesia , agama diartikan aturan tata cara hidup manusia dengan Tuhan dan sesamanya .
Dalam Al-Qur'an agama sering disebut dengan istilah Din , istilah ini merupkan istilah bawaan ajaran islam sehingga mempunyai kandungan makna yang bersifat umum dan Universal . Artinya istilah din mengandung makna-makna yang ada pada istilah agama dan religi .

Dengan demikian dapat diperjelas bahwa agama itu penghambaan manusia kepada tuhannya .

Masyarakat adalah keseluruhan hubungan dalam hidup bersama dan tidak dibatasi oleh lingkungan , bahasa dan lainnya . Sedangkan dalam arti sempitnya masyarakat adalah sekelompok manusia yang dibatasi oleh aspek-aspek tertentu misalnya teritorial, bangsa, golongan dan lain sebagainya .

Fungsi Agama Kepada Manusia
-.Memberi pandangan dunia kepada satu-satu budaya manusia.
-.Menjawab berbagai persoalan yang tidak mampu dijawab oleh manusia.
-.Memberi rasa kekitaan kepada suatu kelompok manusia.
-.Memainkan fungsi kawanan sosial.

Pelembagaan Agama
Pelembagaan agama dapat dilihat dari sosial, pendapat saya bahwa itu tidak perlu melihat beberapa fungsi atau manfaat yang kita dapat dengan beberapa biaya yang harus dikorbankan untuk menjaga efektifitas pelembagaan itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar